SADAYA

Sampurasuuuun!!!!

Mahasiswa sebagai aset vital bagi kemajuan bangsa merupakan sekumpulan manusia yang sedang berproses dan sedang ditempa untuk mencapai kedewasaan, jati diri dan kematangan pemikiran. Meskipun tugas utama mahasiswa adalah mengikuti kegiatan akademis dengan baik, penting juga bagi mahasiswa untuk beraktualisasi dalam suatu keorganisasian karena organisasi dapat digunakan sebagai sarana untuk berproses dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang nantinya akan digunakan dalam hidup bermasyarakat.

Salah satu organisasi di lingkungan Universitas Komputer Indonesia, yaitu Organisasi Seni dan Budaya yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswa UNIKOM yang senantiasa berperan aktif dalam mewarnai kegiatan di kampus tercinta.

SADAYA UNIKOM (SAUNG BUDAYA UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA) merupakan sebuah organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Saung Budaya Universitas Komputer Indonesia yang berada di lingkungan kampus UNIKOM Kampus 2 Lantai 5 Jln Dipatiukur 112-116 Bandung (40132).

UKM ini didirikan di Bandung pada tanggal 25 februari 2008 pukul 09.30 WIB. Status UKM SADAYA UNIKOM adalah organisasi kesenian yang berada di bawah Pembantu Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Komputer Indonesia.

Visi SADAYA UNIKOM adalah:

  1. Memperkenalkan kebudayaan dan kesenian tradisional Indonesia kepada Mahasiswa dan masyarakat,.
  2. Melestarikan Seni dan Budaya Indonesia yang merupakan tanggung jawab kita sebagai Mahsiswa dan masyarakat indonesia.
  3. Sebagai mitra Pemerintah khususnya DISPARBUD ( Dinas pariwisata dan budaya Jawa Barat ) dalam melestarikan, mengenalkan, dan memajukan budaya Indonesia.
  4. Menjadi wadah pembinaan dan pengembangan seni musik dan seni tari tradisional untuk kalangan mahasiswa dan masyarakat yang dikelola secara professional dengan didukung oleh teknologi.

Misi SADAYA UNIKOM diantaranya:

  1. Sebagai generasi muda penerus bangsa yang mempunyai kewajiban dalam memajukan budaya Indonesia.
  2. Di bawah pengawasan Pembina Saung Budaya (SADAYA UNIKOM), akan melestarikan budaya Indonesia khususnya Seni Musik dan Seni Tari Tradisional.
  3. Memperkenalkan dan mengajarkan seni musik dan seni tari Indonesia kepada Mahasiswa dan masyarakat.
  4. Mempererat tali persaudaraan dengan Kampus yang lain .
  5. Sebagai media pemersatu Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

SADAYA UNIKOM merupakan suatu wadah organisasi yang terfokus pada seni dan budaya. Kegiatan yang kami jalankan diantaranya:

1. Permainan Angklung

2. Perkusi Kontemporer

3. Rampak Kendang

4. Karinding

5. Tarian Tradisional (Tari Saman, Tari Jaipong, Tari Irian jaya, Tari Serasa, Tari Kalangenan dll)

6.Diskusi dengan pakar budaya

7. Diskusi dengan mahasiswa

8. Berbagai aktifitas sosial (Penggalangan dana untuk korban gempa&banjir)

9. Mengisi acara televisi lokal

Organisasi kesenian  ini merupakan salah satu UKM yang membuat saya tertarik untuk menjadi bagian di dalamnya, karena memang mempunyai visi memperkenalkan kebudayaan dan kesenian tradisional Indonesia kepada mahasiswa dan masyarakat yang juga merupakan salah satu concern saya yang tidak ingin menyaksikan keragaman dan keeksotikan budaya yang dimiliki Indonesia dilupakan begitu saja oleh masyarakat terutama mahasiswa sebagai kaum intelektual yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan pendulunya yang dengan begitu gigih mempertahankan keberadaan bangsa dan budaya yang telah kita miliki sekarang.

Untuk mencapai kesejahteraan organisasi, maka kurang lebih satu tahun selalu ada pelantikan sebuah kepengurusan yang diamanahkan untuk mencapai tujuan dan visi misi SADAYA. Dalam kepengurusan periode 2010 saya menjadi Ketua SADAYA UNIKOM  Periode 2010.

Amanah tersebut saya terima  beserta wakil saya saudara M. Zulkhaidir Faruki, lalu kami menyusun kepengurusan untuk periode 2010. Beserta pengurus inilah kami berjuang dan berproses untuk menjalankan amanah selama satu periode kepengurusan kami. Banyak hal yang kami hadapi, baik senang maupun duka. Adanya rintangan, hambatan, dan tantangan tidak membuat kami berhenti untuk melaksanakan amanah ini, justru semakin membuat kami bersemangat untuk selalu berproses bersama SADAYA. Hal itu terjadi karena kami ingin menjadikan SADAYA sebagai organisasi yang professional namun tetap bersahaja dan tetap eksis serta mengembangkannya sesuai kemampuan kami.

Dengan Motto “Bersama SADAYA, Kita bangkitkan kesenian Tradisional” UKM SADAYA bersifat mandiri, tanpa memisahkan diri dengan Universitas Komputer Indonesia. UKM ini merupakan rumah ke-2 saya. Disini kami berkumpul, bermain musik tradisional, berkreatifitas, saling bertukar ide, pikiran, dan pendapat.  Seluruh anggota SADAYA UNIKOM sudah menjadi keluarga bagi saya.

Kami sadar bahwa apa yang kami cita-citakan dan kami wujudkan dalam bentuk program kerja tidak akan ada artinya dan tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan tanpa adanya dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, izinkan saya memberikan penghargaan yang setinggi-tinginya dan ucapan terima kasih kepada:

  1. Pembina Saung Budaya Universitas Komputer Indonesia, Bpk. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd.
  2. Para pelatih yang telah ikut berpartisipasi dalam berbagai moment; Uci Yolanda, Muhammad Rajab Fachrizal, Sandhi Rachmat A, Hari Setiawan, Fitri Widiyanti, dll yg belum disebutkan.
  3. Badan Pengawas Saung Budaya Universitas Komputer Indonesia; Drakel Tuara, Habibi Dara , Pema Adi Sutra.
  4. kepengurusan Saung Budaya Universitas Komputer Indonesia periode 2010; Ria Shofriyanti, Siti Nur Rohmah Hak, Nur Akhsan, Ami Rakhmiati, Bimo HaryoPratomo, Yusan Sebastian, Annisa Pramitha, Dessy  Nur Anggraeni, Dianti Eka Aprilia, Robby Sobary, Wike Syofbrina, Asep Lukmanudin, Aziz Zandan Nurfalah atas segala dedikasi, loyalitas, kerja keras, kesabaran dan ketabahan serta pengorbanan baik secara moril maupun materiil untuk menjalankan amanah sebagai Pengurus SADAYA sampai akhir masa jabatan.
  5. Spesial juga saya ucapkan terima kasih banyak kpd Saori Sensei yang telah ikut mempelajari kebudayaan indonesia dan yang paling rajin dateng latihan ke rorompok, “D’MO – ARIGAT’ – GOZAIMASU”.
  6. Seluruh Anggota Saung Budaya Universitas Komputer Indonesia.
  7. Pihak-pihak dan lembaga-lembaga lain, serta perseorangan yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu atas segala bentuk kerjasama dan partisipasinya selama masa kepengurusan kami. Semoga semua itu akan dicatat sebagai suatu amal ibadah.

SADAYA juga mendapatkan respon positif dari mahasiswa-mahasiswi Universitas Komputer Indonesia tiap angkatan baru, dengan proses yang cukup cepat. Selain peningkatan kondisi internal SADAYA di lingkungan kampus, kondisi eksternal SADAYA di luar kampus juga mengalami peningkatan, terbukti dengan masih dikenalnya SADAYA dengan baik oleh pihak lain yang pernah bekerjasama (Lingkung Seni UNPAD, UNPAS, UPI, ITB, UNWIM, Karinding Attack,  Saung Angklung Udjo, AWI, LSM, berbagai Komunitas di Bandung) sehingga memberikan kemudahan bagi SADAYA dalam melakukan kerjasama lagi, bahkan dari kerjasama tersebut SADAYA mendapatkan tawaran sebuah kerjasama yang cukup menarik untuk dilaksanakan yaitu mengadakan penampilan bersama pada akhir tahun 2010 yang bekerja sama dengan seluruh LISES Perguruan Tinggi yang ada di Jawa Barat.

Kegiatan tersebut selain bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar seluruh Lingkung Seni Sunda se-Jawa Barat, juga ditujukan untuk penggalangan dana bagi korban bencana alam Merapi, Mentawai dan Wasior yang tengah melanda bangsa. Keeksistansian SADAYA dalam wadah LISES (Lingkung Seni Sunda) juga harus dijaga dengan baik, yaitu dengan keikutsertaan SADAYA dalam pelaksanaan ETHNIC FOR CHARITY di Sumedang pada bulan Desember 2010.

SADAYA juga sampai saat ini telah memperoleh berbagai penghargaan diantaranya:

FESTIVAL SENI BUDAYA ASEAN Plus (Asean Plus Art and Culture Festival) Apac 1 – 2010. Bandung, 24-27 April 2010 menempatkan kami sebagai Penampil ke-2 terbaik dalam ajang tersebut.

dll, belum saya tulis khawatir dibilang kebanyakan hehe… kalau ingin tau dan mengenal kami lebih dekat silahkan langsung berkungjung y… ^^

SADAYA mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Komputer Indonesia, Pembantu Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Universitas Komputer Indonesia,  Pembina SADAYA, pelatih, BPS, rekan-rekan pengurus yang telah berjuang dan berproses bersama untuk melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, dan semua teman-teman anggota SADAYA yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan SADAYA serta kepada semua pihak-pihak yang telah bekerja sama dengan SADAYA. Semoga kita semua dapat bekerjasama lagi di dalam kondisi dan tempat yang lebih baik lagi. Saya juga memohon maaf yang sebanyak-banyaknya kepada semua pihak atas segala kesalahan yang telah saya buat baik perkataan maupun perbuatan selama menjadi ketua SADAYA. Segala kesalahan datangnya dari saya dan kebenaran hanya dari Allah SWT semata.

Teruslah Maju SADAYA!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s